BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Desember 2020

Raja Yang Memerintahkan Kerajaan Pengging Adalah

Adapun ringkasan cerita rakyat Roro Jonggrang itu adalah sebagai berikut. Kerajaan Prambanan memiliki wilayah kekuasaan yang amat luas bahkan kerajaan-kerajaan kecil pun ikut tunduk padanya.


Pin Di Artist Baru

Suatu ketika Raja Pengging bermaksud memperluas wilayah kekuasaannya.

Raja yang memerintahkan kerajaan pengging adalah. Setibanya di Prambanan mereka langsung menyerbu masuk ke dalam istana. Keesokan harinya berangkatlah Bondowoso bersama pasukannya ke Prambanan. Ketika Brawijaya menjadi raja Majapahit putrinya yang bernama Retno Ayu Pambayun diculik oleh Menak Daliputih raja Blambangan.

Kerajaan ini dipimpin oleh Prabu Boko seorang Raja berwujud raksasa yang terkenal sangat kejam dan sadis. Prabu Boko memiliki seorang putri semata wayang yang memiliki paras wajah yang cantik rupawan yang bernama Roro Jonggrang. Beliau mempunyai seorang putri termashur cantiknya di seluruh dunia bernama Putri Pandankuning yang merupakan kembang di Keraton Pengging.

Diceritakan dalam kisah Babad Tanah Jawa bahwa pada waktu itu yang memerintah Kerajaan Pengging adalah seorang raja bernama Handayaningrat. Kerajaan Pengging memiliki seorang patih bernama Raden Bandung. Sebagai manusia pilihan Nabi Sulaiman juga memiliki mukjizat yang luar biasa.

Kerajaan Prambanan adalah Kerajaan yang terletak di Desa Prambanan Yogyakarta. Pendiri Kerajaan Pajang adalah Sultan Hadiwijaya atau dikenal juga sebagai Jaka Tingkir. Pada saat Sri Maharaja Purnawarman wafat kerajaan kerajaan yang menjadi bawahannya adalah sebagai berikut.

Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang Raja yaitu Prabu Baka. Ia pun memerintahkan Bondowoso dan pasukannya untuk menyerang Prambanan. Selain berparas cantik dan bertubuh molek Roro Jonggrang juga merupakan seorang putri yang cerdik.

Tak hanya soal mengatur kerajaan Nabi Sulaiman juga melanjutkan dakwah sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Daud. Bala tentara tersebut yang digunakan Bandung Bondowoso untuk membantunya untuk menyerang kerajaan lain dan memenuhi segala keinginannya. Keempat yang merupakan raja Blambangan adalah Pangeran Mas SepuhPangeran Jingga Danuningrat.

Salakanagara Pandeglang Cupunagara Subang Nusa Sabay Purwanagara Ujung Kulon Pandeglang Gunung Kidul Purwalingga Purbalingga Agrabinta Cianjur Sabara Bumi Sagandu Paladu Kosala Lebak Legon Cilegon Indraprahasta Cirebon Manukrawa Cimanuk. Babad Banten menyebutkan bahwa Pengging di Boyolali sebagai kerajaan kuno yang dipimpin oleh Anglingdriya merupakan cikal bakal Kerajaan Pajang. Beliau mempunyai putri yang sangat cantik yang mana kecantikannya itu telah tersohor kemana-mana.

Alas Roban yang penuh dengan pohon-pohon besar seperti bayang-bayang hantu yang tangannya siap menerkam tetapi yang akan diterkamnya adalah Karebet ayam jantan dari Pengging seorang pemberani keturunan raja Majapahit cucu buyut raja Majapahit Prabu Brawijaya Pamungkas. Kerajaan Pengging adalah kerajaan subur dan makmur yang dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana bernama Prabu Damar Moyo dan mempunyai seorang putra laki-laki yang bernama Bandung Bondowoso. Empat tokoh beda masa dan beda kronologis sejarahnya itu telah dicampur aduk menjadi satu tokoh benama Menak Jinggo dengan segala kebejatan dan keburukan moralnya lalu disematkan sebagai Raja Blambangan oleh lawan politiknya.

Hingga Suatu ketika Raja Pengging yang arogan memanggil Bandung Bondowoso. Sultan Hadiwijaya pula yang. Sedangkan Keraton Boko berada di wilayah kekuasaan Kerajaan Pengging yang diperintah oleh seorang raja yang kejam dan suka makan daging manusia.

Sementara itu terdapat pula Kerajaan Pengging yang dirajai oleh Prabu Damar Moyo. Kerajaan Pajang berdiri pada tahun 1568 dan runtuh pada 1587. Mahesa Reksa Kembara RORO JONGGRANG TOKOH SIMBOLIS SRI PRAMODHAWARDHANI Roro Jonggrang adalah tokoh cerita rakyat yang sangat populer di Jawa Tengah yang erat kaitannya dengan mitos asal mula berdirinya Candi Prambanan dan Candi Sewu.

Pertempuran antara Kerajaan Pengging dan keraton Boko itupun tak terelekkan. Dengan ilmu kesaktian yang dimiliki Bandung Bondowoso akhirnya Prabu Boko. Dyah Nertaja adalah ibu dari Wikramawardhana raja Majapahit selanjutnya.

Raja Pengging itu kemudian memerintahkan Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan Prambanan. Yaitu Kerajaan Prambanan dan Kerajaan Pengging. Terjadilah peperangan antara Prabu Damarmaya raja Kerajaan Pengging.

Mulai dari raja terkaya mampu berbicara dengan hewan menundukkan angin hingga memiliki bala tentara dari golongan manusia jin dan hewan.


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Pengging.com. Template Designed by OddThemes - Videopiar