BREAKING NEWS

Jumat, 16 April 2021

Raja Pengging

Hingga Suatu ketika Raja Pengging yang arogan memanggil Bandung Bondowoso. Berdasar naskah-naskah babad bahwa negeri Pengging disebut sebagai cikal bakal Pajang.


Keaktifan Karang Taruna Desa Kedung Gentong Pedesaan Budaya Hiburan

Setelah dewasa Jaka Tingkir mengabdikan diri ke Demak karena kepandaiannya ia diangkat menjadi menantu oleh Sultan Trenggono.

Raja pengging. Berdasar naskah-naskah babad Pengging disebut sebagai cikal bakal Pajang. Jaka Sengara berhasil menemukan sang putri dan membunuh penculiknyaJaka Sengara kemudian menjadi Raja Muda Pengging bergelar Andayaningrat atau Ki Ageng Pengging I. Prabu Baka pun tidak tinggal diam.

Sang Raja sangat bergembira dan lebih keheranan lalu memerintahkan supaya Ki Jaka segera diantarkan ke hadapan Sang Raja. Hingga Suatu ketika Raja Pengging yang arogan memanggil Bandung Bondowoso. Dia bernama Bandung Bondowoso.

Raden Bandung berhasil mendapatkan kesaktian berupa jin bernama Bandawasa yang selalu patuh pada perintahnya. Suatu ketika Raja Pengging bermaksud memperluas wilayah kekuasaannya. Meski Majapahit ditaklukkan orang-orang Islam pada 1625 Pengging masih berdaulat hingga di bawah pemerintahan Kebo Kenanga yang bergelar Ki Angeng Pengging.

Dapat diperkirakan bahwa Jaka Tingkir dari Pajang makin bertambah kuat keinginannya untuk bertindak dengan kekerasan senjata terhadap Arya Penangsang karena dengan demikian ia juga dapat membalas dendam terhadap Sunan Kudus atas pembunuhan yang telah dilakukan terhadap Kebo Kenanga dari Pengging yang digantikan Jaka Tingkir sebagai raja di Pajang yang dapat. Pemancingan ini masih satu kompleks dengan wisata Umbul Pengging tepatnya di sebelah selatan Umbul Ngabean. Raja Pengging yang dibantu oleh seorang ksatria sakti bernama Bandung Bondowoso menginginkan Kerajaan Baka untuk ditaklukkan.

Raja Kerajaan Pengging merencanakan menyerbu Kerajaan Prambanan. Pada tahun 1554 Sultan Hadiwijaya merebut daerah Blora dekat Jipang. Setelah persiapan matang pasukan Kerajaan Pengging berangkat untuk melakukan penyerbuan ke Kerajaan Prambanan.

Keesokan harinya Bandung Bondowoso memanggil balatentaranya yang berupa Jin untuk berkumpul dan langsung berangkat ke Kerajaan Prambanan. Setelah setelah berhasil menghabisi Ario Penangsang Joko Tingkir naik tahta menjadi sultan pertama Pajang bergelar Raden Hadiwijaya. Andayaningrat yang juga memakai nama Jaka Sanagara atau Jaka Bodo konon masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga raja Majapahit.

Semuanya serba indah tingkah lakunya menawan hati. Namun ada satu hal yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan wisatawan Umbul Pengging saat ini. Keesokan harinya berangkatlah Bondowoso bersama pasukannya ke Prambanan.

Pengging ini terletak di lereng tenggara Gunung Merapi Jawa Tengah. Singkat cerita peperangan pun meletus. Kisah ini dilanjutkan dengan dongeng berdirinya Candi Prambanan.

Kesaktian Bandung Bondowoso bukanlah hal remeh. Pertempuran Sengit dan Kemenangan Bandung Bondowoso. Ia ingin sekali menumpas para penguasa Kerajaan Prambanan namun mereka terlalu kuat baginya.

Ia diangkat menjadi Bupati Pengging karena berjasa dalam menemukan Retno Pembayun putri dari Brawijaya V Raja Majapahit yang diculik Menak Daliputih Raja Blambangan putra Menak Jingga. Setibanya di Prambanan mereka langsung menyerbu masuk ke dalam istana. Raja Pengging itu kemudian memerintahkan Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan Prambanan.

Tentu saja seperti dikisahkan dalam dongeng lainnya raja ini mempunyai seorang putra yang tak hanya tampan tetapi juga berilmu tinggi baik akal maupun fisiknya. Untuk mencapai keinginannya Raja Pengging kemudian memerintahkan putranya Raden Bandung untuk bertapa dan memohon kekuatan dari para dewa. Ia pun memerintahkan Bondowoso dan pasukannya untuk menyerang Prambanan.

Dyah Nertaja merupakan ibu dari Wikramawardhana raja Majapahit selanjutnya. Ia merupakan keturunan Raja Pengging yang bernama Handoyoningrat. Dahulu kala disebuah kerajaan bernama Pengging hiduplah seorang raja yang sakti mandraguna serta berharta melimpah.

Kerajaan pajang terletak di pengging yang dulunya dipimpin oleh Ki Ageng Pengging selaku BupatiYang kemudian dihukum mati oleh raja Demak karena dugaan ingin berontak terhadap kerajaan Demak. Cerita Rakyat yang melegenda menyebut bahwa Pengging sebagai kerajaan kuno yang pernah dipimpin Prabu Anglingdriya musuh bebuyutan Prabu Baka raja Prambanan. Namanya Joko Joko Bandung.

Raja Pengging pun memiliki seorang putra yang sakti mandraguna. Keesokan harinya Bandung Bondowoso memanggil balatentaranya yang berupa Jin untuk berkumpul dan langsung berangkat ke Kerajaan Prambanan. Cerita Rakyat yang melegenda menyebut bahwa Pengging sebagai kerajaan kuno yang pernah dipimpin Prabu Anglingdriya musuh bebuyutan Prabu Baka raja Prambanan.

Ia dikenal memiliki pusaka yang kuat dan dapat mengerahkan ratusan bahkan ribuan pasukan jin. Waktu ia menghadap Sang Raja jalannya menunduk merendahkan diri para putri yang sebelumnya mentertawakan sekarang dirundung asmara memandang Sang Jaka dengan mulut ternganga. Raja Pengging yang selalu haus akan kekuasaan dan ingin memperluas wilayah kekuasaannya memutuskan untuk berperang menghancurkan kerajaan prambanan untuk membalas apa yang telah diperbuat oleh kerajaan prambanan.

Selain merupakan pemancingan tempat ini juga cocok bagi mereka yang ingin bersantap atau mengadakan acara seperti reuni. Mereka telah menyiapkan pasukan tempur tentu saja Bandung Bondowoso menjadi senjata andalan. Raja Pengging itu kemudian memerintahkan Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan Prambanan.


Cartoon Illustration Of Ken Arok Rajasha King Of Singasari Kingdom Aka Tumapel Kingdom Malang East Java Indonesia Fantasi Indonesia Desain


Sang Penyelamat Putri Brawijaya Raden Kebo Kenongo Kyai Ageng Pengging Adalah Penguasa Daerah Pengging Pusatnya Berada Di D Pemberontak Pemerintah Pedesaan


Pemandian Umbul Tirtomulyo Suguhkan Pemandian Ala Keraton Pedesaan Kolam Pemandian Umum


Peninggalan Kerajaan Demak Arsitektur Antik Sejarah


Berita Dan Peristiwa Nenek Manusia


Dwarapala Didaulat Sebagai Arca Sang Penjaga Tempat Suci Patung Monster Candi


Maksimalkan Libur Weekend Dengan Berkunjung Ke Umbul Sewu Pengging Boyolali Liburan Berenang


Serat Darmo Gandhul Pernah Diterbitkan Oleh Dahara Prize Semarang Berukuran 15 Cm X 15 Cm Berikut Ini Adalah Tulisan Tentang Serat Dar Sejarah Tulisan


Pin Oleh Damayanti Di History Keturunan Garis Gunung


Pin Di Mustika Bertuah


Legenda Roro Jonggrang Yogyakarta Indofabel Com Legenda Patung Gajah


Pin Di Ust Ahmad Ridwan Mengisi Hikmah Halal Bihalal Di Ubsi


Legenda Candi Prambanan


Ebook Online 101 Cerita Dan Dongeng Rakyat Nusantara Katabaca Com Dongeng Cerita Putri


Pin On Artist Baru


Rahasia Wangsit Siliwangi Untuk Budak Angon Comic Book Cover Artist Comic Books


Selain Sapi Ndekem Boyolali Juga Punya Situs Gajah Ndekem Sapi Gajah Sejarah


Godaan Simpanan Suamiku Kisah Nyata Motivasi Kehidupan Kisah Nyata Suami Selebriti


Ramalan Dan Kebangkitan Hindu Sabdo Palon Noyo Genggong Agama Genggong Hindu


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Pengging.com. Template Designed by OddThemes - Videopiar